Kawah Domas

Kawah domas merupakan salah satu kawah yang terdapat di gunung tangkuban perahu bandung. Yang unik disini adalah kawah yang kecil kecil sehingga kita bisa turun untuk melihatnya langsung bahkan sampai bisa merebus telur ayam di kawah yang panas langsung untuk di makan hahah.
Untuk bisa ke kawah domas bisa ditempuh dari gerbang gunung tangkuban perahu dari arah subang jawa barat, setelah masuk akses gerbang nanti ada papan petunjuk untuk parkir mobil kawah domas dari tempat parkir ini trekking sekitar 10 menit untuk sampai ke kawah domas. Tapi disini saya akan bercerita perjalanan melalui jalur lain untuk sampai ke kawah domas melalui jayagiri (baca tulisan saya mengenai jayagiri)-area parkir bus tangkuban – terus lanjut trekking ke kawah domas.
Dari area parkir bus tangkuban perahu kita berjalan sedikit menuju persimpangan yang mana ke kiri (arah atas) itu munuju kawah ratu (kawah utama) jalan beraspal, ke kanan menuju pintu gerbang tangkuban perahu dari arah subang jabar, untuk trekking ke kawah domas kita ambil jalan yang lurus agak serong kanan hehe, patokan nya disitu adalah pos penjagaan yg sudah lama tidak terpakai, di situ pun terdapat papan tulisan yg lumayan sudah lapuk  menunjuk kearah kawah domas.
Selepas pos penjaagan tadi jalur ke kawah domas agak menurun (karena kita akan menuju langsung ke kawah bukan dilihat dari atas :D) medan pertama yang di temui berupa paving blok yang sudah agak berlumut dan agak licin kalo hujan, tidak berapa lama kita akan menemukan jalan setapak dengan keadaan sekitar kanan kiri hutan yang cukup lebat. Kalo dulu saya pernah lewat jalur ini masih sangat asri sekali malah kadang bertemu kawanan monyet liar yang bergelantungan di atas pohon banyak sekali.
Trek menuju kawah domas cenderung menurun dan landai. Di perjalanan nanti akan ketemu shelter  yang sudah agak rusak, serta melewati jembatan kecil yang terbuat dari kayu dan batang pohon. Untuk sampai di kawah domas kurang lebih sekitar 30 menit dengan jalan santai. Bau khas belerang akan menyambut kedatangan kita.   Di kawah domas sendiri hanya terdapat satu warung tempat jajan, tapi jangan di Tanya harga yg pasti mahal hehe, terdapat juga beberapa penduduk lokal yang berjualan souvenir. Sampai di kawah kita akan melihat beberapa letupan kecil serta asap yang berasal dari kawah kecil sampai kawah yang lumayan besar (paling besar seukuran sumur). Di seberang nya kita akan melihat pemandangan untuk melihat kota lembang – bandung dari kajauhan. Sungguh pemandangan yang menyejukan mata, teman-teman.