Curug siliwangi


Curug atau air terjun siliwangi berada di daerah wanawisata gunung puntang kecamatan banjaran kabupaten bandung. Berada di kawasan pegunungan Malabar suasana disini masih sejuk dan asri. Sungai nya pun masih sangat jernih.
Sudah lumayan lama saya mengunjungi curug siliwangi sekitar tahun 2006, tapi saya coba mengingat kembali perjalanan ke curug siliwangi waktu itu yang luar biasa keindahan nya. Perjalanan ke curug siliwangi kali ini bersama 17 orang teman, selain berencana untuk melihat keindahan curug siliwangi kamipun berencana akan kemping di sekitar bumi perkemahan gunung puntang.
Karena jumlah yang banyak kamipun menyewa sebuah angkot untuk menuju kesana. Sampai di gunung puntang sekitar jam 5 sore, setelah membayar biaya masuk kawasan sebesar 5000 (kalo tidak salah ya hehe) langsung kami mencari titik yang ideal untuk mendirikan tenda. Setelah tenda semua berdiri kamipun segera  makan malam dan acara beramah tamah (karena ini kegiatan gathering sebuah organisasi).
Pagi pagi setelah setelah sarapan kamipun beres-beres peralatan, lalu menitipkan nya di sebuah warung, dan hanya membawa backpack standar untuk keperluan selama perjalanan saja. Langsung lanjut perjalanan ke curug siliwangi. Ambil jalur kekriri dan ikuti jalan setapak yang ada. Ada dua orang teman yang sudah hapal jalur menuju curug siliwangi ini jadi tidak ragu kalo tersesat. Jarak menuju curug siliwangi kurang lebih sekitar 3,5 km dengan waktu tempuh antara 2-2,5 jam. Selama perjalanan akan disuguhkan keindahan hutan gunung puntang, serta akan menyebrangi beberapa sungai yang cukup lebar (sekitar 10meter) yang waktu itu cukup deras. Jadi harus hati –hati menyebrangi nya apalagi ditambah licin nya batu batu yang berada di sungai harus tetap waspada.
Sungai nya sangat jernih, bahakan setiap menyebrangi sungai lagi saya membuang air yang berada di botol mineral dan mengisi nya kembali dengan air sungai yang di lewati. Malahan sewaktu perjalanan pulang saya dan teman teman menyempatkan diri mandi di sungai karena tidak kuat untuk nyebur melihat jernih nya air sungai hahah.
Setelah perjalanan yang cukup melelahkan sekitar 2 jam lebih, terdengar suara air yang menandakan curug siliwangi sudah dekat, dan dari kejauhan sudah tampak curug yang sangat indah itu. Untuk melihat lebih dekat kita harus naik dan memanjat dulu tebing batu,harus ekstra  hati hati karena licin. Terbayarlah semua kelelahan dalam perjalanan ketika menikmati curug siliwangi.
Perjalanan yang menyenangkan bersama teman teman menuju curug siliwangi, dan curug siliwangi pun menjamu kita dengan keindahan alam nya..LUAR BIASA
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
7 Januari 2013 pukul 06.47 delete

Wew...alhamdulillah bung cartenz masih ingat perjalanan indah yang qta lalui... Berarti belum tua-tua amat y bung :-) hehehe
Jadi inget waktu mandi tea Bung Cartenz :-)... Haha dingin'nya kacida!!!

Reply
avatar