Melati dari Jayagiri

Jayagiri - Lembang
Jayagiri adalah sebuah kawasan yang berada di daerah lembang - bandung. Jayagiri yang merupakan sebuah desa adalah salah satu akses menuju gunung tangkuban perahu namun melewati jalur perkebunan penduduk, bukit, serta hutan dengan cara hiking. Jadi merupakan kepuasan tersendiri ketika ingin mengunjungi gunung tangkuban perahu dengan menggunakan jalur yang tidak biasa (jalur yang biasa dapat diakses dengan menggunakan kendaraan mobil).
Untuk mencapai jayagiri bisa menggunakan angkutan umum dengan trayek stasium hall – lembang. Lalu turun di jalan raya lembang (terdapat petunjuk ke sebelah kiri untuk menuju jayagiri). Dari tempat turun menuju menuju pos taman wisata alam jayagiri dapat di tempuh dengan ojeg atau pun jalan kaki dengan jarak sekitar 1,5 km. setelah sampai di pos atau gerbang TWA jayagiri bayar dulu buat retribusi. Sebelum pendakian tidak jauh setelah pos  terdapat warung untuk santai-santai sejenak. Setelah dari situ langsung deh mulai perjalanan pendakian nya. Di kiri kanan terdapat banyak sekali tanaman kopi milik penduduk serta pinus. Trek disini lumayan lumayan berat bagi pemula seperti saya hehe. Jalanan terus menanjak. Setelah trek menanjak nyaris tanpa bonus tersebut sampai lah kita pada sebuah warung lagi akhir dari trek hutan pinus. Santai-santai lagi di warung hehehe. Karena jalan santai sampai sini ditempuh waktu sekitar 1 jam.
Setelah selesai melepas lelah, lanjut lagi perjalanan, kali ini jalan di penuhi dengan rumput dan di sebelah kanan terdapat pohon – pohon pinus yg masih kecil, masih dalam tahap reboisasi akibat kebakaran dulu. Sampailah pada titik berikut nya yaitu pos saluran air, disini juga terdapat rumah sekaligus warung yang di isi hanya oleh seorang nenek tua, waktu tempuh sampai pos saluran air kurang lebih 30 menit. Tidak jauh dari sini terdapat lapang yang cukup untuk mendirikan tenda bagi yang mau ngecamp. Tempat nya lumayan enak.
Setelah istirahat sebentar perjalanan di lanjutkan lagi kali ini melewati areal hutan yang lumayan lebat dan padat, sehingga kelembaban nya pun terasa. Perjalanan di tempuh sekitar 30 menit untuk sampai pada area  parkir mobil bus tangkuban perahu, sudah mulai rame disini apalagi musim liburan sekolah atau weekend. Kalo saya sarankan jangan jajan di warung area parkir ini harganya mahal, dibanding warung yang di temui selama perjalanan dari jayagiri tadi. Ada mushala juga di sini untuk shalat, bersih-bersih dan istirahat sejenak. Dari sini kita bisa lanjut perjalanan ke kawah ratu (mengikuti jalur mobil ke atas), atau menuju kawah domas (saya rekomendasikan, liat tulisan saya mengenai kawah domas)atau  pulang turun dengan jalur yang sama dengan pendakian ataupun naik angkot sampai lembang (bagi yang udah cape hehe).
Ya jayagiri memang indah dengan sejuta pesonanya, sampai-sampai band legenda BIMBO menulis nya dalam sebuah lirik lagu “MELATI DARI JAYAGIRI”. Segitu aja tulisan singkat mengenai perjalanan ke gunung tangkuban perahu dengan jalur jayagiri,sebuah wisata alam alternative, sangat cocok bagi teman-teman yang hobi mendaki maupun menjelajah wisata alam. SALAM LESTARI