Karimun jawa.. surga taman laut INDONESIA

Karimun Jawa
karimun jawa… ya tempat ini sudah lama saya dambakan untuk dapat di kunjungi. Betapa tertarik nya saya ketika mendengar dan membaca di forum maupun blog catatan pejalan mengenai karimun jawa, sungguh magnet luar biasa yang di suguhkan untuk membulatkan niat saya mengunjungi karimun jawa. Oke bro and sist kita simak catper saya menuju karimun jawa di bawah ini
Setelah mengumpulkan berbagai info karimun jawa, Akhirnya pada bulan juni 2011 saya dan kedua teman saya berangkat dari bandung dengan menggunakan bus menuju jepara. Berangkat dari bandung sekitar jam 7 malam, semalaman kami bertiga akan menghabiskan waktu di bus malam yang membawa kami ke kota jepara. Tidak banyak yang dapat diceritakan ketika kami berada di bis ini, soalnya kegiatannya hanya duduk dan tidur hehehe :P .
Sekitar pukul 6 pagi kami sampai di kota jepara, sebuah kota kecil namun sangat rapi, bersih dan tidak terlalu ramai, kendaraan sangat sepi hanya banyak warga yang melakukan aktivitas olahraga pagi.  Kami berhenti di alun2 kota jepara. Dan langsung disambut abang becak yang dengan sigap menghampiri pintu bis. Setelah proses tawar menawar terjadi akhirnya kamipun berangkat menggunakan becak menuju pelabuhan kartini jepara.
Perjalanan menuju pelabuhan kurang lebih di tempuh dalam waktu 15 menit. Sampai di pelabuhan sudah tampak beberapa wisatawan yang tengah duduk dan santai di warung disekitar pelabuhan menunggu kapal feri yang akan berangkat sekitar pukul 8 pagi. Kami pun langsung menuju loket tiket untuk membeli tiket kapal feri (KMP muria). Setelah sarapan di pelabuhan langsung menuju KMP muria yang sudah siap di pelabuhan. Selanjut nya perjalanan yang paling berat  menuju pulau karimun jawa pun di mulai haha…
Ya perjalanan paling berat karena kita akan berada di kapal feri selama 6 jam, dapat dipastikan mati gaya di kapal feri :D. KMP muria terdapat dua fasilitas penumpang yaitu ekonomi dan eksekutif. Untuk kelas ekonomi sendiri hanya terdiri dari bangku plastik dan banyak orang yang lesehan bahkan tiduran di lantai. untuk kelas eksekutif sedikit lebih beradab J karena terdapat AC dan tempat duduk yg nyaman namun terbatas untuk sekitar 35 kursi saja. Terdapat TV baik di ekonomi maupun eksekutif dan sebuah kafetaria. Saran saya kalo kebagian tiket ekonomi dan banyak wisatawan jangan terlalu lama di pelabuhan jepara, langsung saja naik kapal (biar tidak berdesakan) dan ambil posisi kursi di paling kanan belakang (tidak terkena sinar matahari langsung), karena kalo sudah penuh oleh wisatawan maupun penduduk lokal  dipastikan gak kebagian tempat duduk atau lebih parah kebagian dek paling atas, dijamin panas dan kulit gosong 100 persen hehehe J.
Kapal berangkat sekitar jam 9 pagi. Satu sampai dua jam pertama masih bisa menikmati di atas kapal selanjut nya bisa di tebak sendiri rasa mual dan bosan mulai melanda L (ditambah ombak yg lumayan besar waktu itu). Sejauh mata memandang hanya terhampar lautan yang berwarna hitam dan tidak terlihat secuil pulau pun di depan sana, pasang MP3 dan  lanjut tidur lagi aja zZzZzZ….
Saya pun terbangun dan melihat jam sudah menunjukan pukul 3 kurang 15 menit, wah sebentar lagi saya pikir, langsung saja bergegas menuju jendela dan melihat keluar dan apa yang terjadi,,, akhirnya sebuah pulau terlihat di depan sana,. Ya tepat pukul 3 sore kapal bersandar di pelabuhan muria karimun jawa.  Kami bertiga pun turun dari kapal dan segera menuju tourism information centre untuk segera bertemu dengan guide lokal (mas patrik dan mas kucing) yang sudah janjian terlebih dahulu.
Kami bertiga pun diantar menuju homestay tidak jauh dari pelabuhan untuk segera bersih-bersih dan mandi, soalnya sudah terasa lengket badan ini. Jadwal pertama adalah mengunjungi pantai nirwana laut, sebuah pantai yang terletak di nirwana resort. Disini kami hanya berjalan-jalan sekitar pantai dan nirwana resort dan tidak lupa untuk mengambil beberapa foto-foto narsis :P. tidak lama berada di pantai nirwana laut sekitar magrib kamipun kembali ke homestay, bersiap untuk makan malam serta istirahat serta persiapan untuk tour dan snorkeling besok.
Pagi yang cerah menyambut kami di dermaga karimun jawa, mas kucing dan mas patrik pun sudah siaga di perahu yang akan mengantarkan kami tour, tidak lama setelah kami naik dan life jacket pun dibagikan , mesin dinyalakan maka perahu pun segera meluncur. Tujuan pertama tour adalah pulau cemara besar. Setelah sampai di cemara besar. Mas patrik langsung membagikan snorkel gear dan bagaimana cara menggunakan nya, tidak lupa pemanasan dulu agar tidak kram. Jujur ini pengalaman pertama saya snorkeling agak takut juga sih soalnya gak pandai berenang juga hahah, tapi melihat bersih nya air dan yang lain udah pada nyebur, yo weiss hajarrr nyebur. Dan memang benar mantap kali spot buat snorkeling di sini, air nya jernih, terumbu karang dan ikan terlihat jelas, AMAZING. setelah hampir sekitar satu jam berenang bareng ikan, kamipun beristirahat untuk selanjutnya makan siang ikan bakar langsung pinggir pantai,wuiiihhhhh maknyusss :D
Perjalanan selanjutnya menuju pulau cemara kecil, dan snorkeling lagi. Spot disini lebih bagus dari yg pertama,  ikan dan terumbu karang nya lebih bervariasi, setelah selesai snorkeling langsung menuju perahu lagi tour selanjutnya menuju pulau menjangan besar untuk melihat penangkaran hiu, dan kalo berani kita bisa berenang bareng hiu. Setelah sampai saya pun memberanikan diri untuk berenang bareng hiu, lumayan takut juga sih pertama kali, tapi ternyata hiu nya pemalu malah kita yang pada akhirnya ngejar-ngejar hiu biar bisa di pegang dan berfoto bersama wkwkwk, di sini  terdapat ikan kecil (gak tau namanya) yg sering jahil matukin kaki kita, jadi bukan hiu yg ngegigit malah ikan-ikan kecil ini. Karena sudah sore maka akhirnya kita pulang menuju homestay dan istirahat untuk tour hari kedua besok.
Tour hari kedua pagi sekali kami sudah siap di dermaga, karena menurut mas kucing spot untuk snorkelin hari ini akan lebih bagus dari spot kamarin, kami pun tambah bersemangat. Pulau yg pertama di kunjungi adalah pulau tengah, dan kali ini lupa pemanasan karena ngeliat air yang jernis sekali langsung nyebur aja buat snorkeling, kali ini saya roti dan biscuit untuk di kasih makan ke ikan agar bisa foto narsis bareng ikan di dalam laut heheh. Dan benar saja spot disini lebih keren dari kemarin MANTAP pokoknya. Makan siang disini menu seperti biasa ikan bakar langsung pinggir pantai. Setelahnya lanjut menuju pulau cilik. Spot yang terakhir ini saya rasa yg paling keren dari semia nya wah pokoknya tidak bisa di lukiskan dengan kata-kata, memang ini lah surga taman laut itu. Satu jam pun tidak terasa snorkeling disini lanjut ke tanjung gelam untuk melihat sunset disana. Sesampainya di tanjung gelam sambil menunggu dating nya si sunset kami bersantai santai dulu di pinggir pantai minum kelapa muda, sunset pun dating dan sesi foto narsis pun di mulai, lanjut pulang ke homestay.
Malam hari nya kami menyempatkan untuk jalan-jalan di sekitar karimun jawa, untuk beli souvenir dan mengunjungi alun-alun.  Banyak sekali kuliner di alun-alun karimun jawa tinggal pilih saja, tapi yang terkenal di sini adalah rumah makan bu ester. Besoknya pagi-pagi sekali kami sudah terbangun karena berencana untuk melihat sunrise di nirwana resort, tapi saying sekali pagi itu mendung sunrise pun tidak tampak dengan sempurna, tapi taka pa yang penting sudah berusaha :P. langsung kembali ke homestay dan beres-beres, packing untuk pulang, soalnya jadwal keberangkatan KMP muria ke jepara jam 8 pagi. Setelah diantar menuju KMP muria dan pamitan kepada mas patrik dan mas kucing kami pun langsung menuju KMP muria yg sejak tadi sudah parker di pelabuhan Karimun jawa, siap-siap lagi mengarungi lautan selama 6 jam.
Di perjalanan dalam hati saya berujar “terima kasih ya ALLAH ya TUHAN ku atas secuil taman surga laut yang engkau turunkan di bumi Indonesia, sebuah pengalaman yang berbekas dalam diri saya, suatu saat nanti jika masih diberi kesempatan saya ingin kembali ke sini… ke karimun jawa. –END-