Proses Bisnis

Bahasan kali ini adalah mengenai proses bisnis. untuk teman teman yang studi di Teknik Industri atau management atau bidang studi terkait sudah tidak asing lagi dengan proses bisnis. proses bisnis ini sangat bermanfaat untuk dijadikan tools dalam analisa perbaikan disuatu perusahaan baik itu dalam proses teknik maupun dalam managemen perusahaan. karena setelah kita mampu mengidentifikasi proses bisnis tersebut maka akan terlihat proses mana yang harus di perbaiki, ditambah maupun dikurang. namun disini saya tidak akan  membahas terlalu jauh, hanya definisi awal saja kekurangan nya mohon dikoreksi... yaa semoga bermanfaat :)

Definisi proses bisnis adalah suatu aktivitas yang terkait yang menghasilkan outcome yang lebih spesifik untuk customer tertentu menuju keberhasilan suatu perusahaan yang komersil. Beberapa aktivitas dalam proses bisnis adalah aktivitas yang menghasilkan nilai tambah (sangat penting untuk customer, customer akan membayar mereka apabila mendapatkan nilai tambah suatu kepuasan), aktivitas yang tidak bermanfaat (melakukan pekerjaan antar fungsional atau departemen yang terbatas), control activities (hal tersebut mengontrol aktivitas yang tidak bermanfaat).
Proses dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang berkelanjutan dan teratur yang dilakukan dengan cara tertentu dan bertujuan mencapai suatu hasil. Lebih jauh lagi proses dapat diartikan sebagai aktivitas-aktivitas dengan satu jenis input atau lebih yang dilakukan untuk menciptakan output yang bernilai bagi pelanggan. Penekanan kata kunci ini adalah penataan ulang proses bisnis, bukan tugas (task), pekerjaan (job), orang dan bukan struktur. Sedangkan proses bisnis yang dimaksud ialah serangkaian kegiatan yang mengambil satu macam masukan atau lebih, serta menciptakan keluaran yang merupakan nilai bagi pelanggan. 
Business process adalah sejumlah aktivitas yang mengubah sejumlah inputs menjadi sejumlah outputs (barang dan jasa) untuk orang lain atau proses yang menggunakan orang dan alat. Semua orang melakukan hal ini, dan dengan satu atau lain cara memerankan peran supplier atau customer (Indrajit, et al., 2002)
Pengertian lain dari proses bisnis yang merujuk kepada Rozenfeld (1999), proses bisnis adalah satu set aktivitas yang ada dalam sebuah organisasi yang memfokuskan pada satu jenis bisnis, dimana biasanya dimaksudkan untuk satu pelanggan atau pangsa pasar yang spesifik, dan dengan penyuplai yang dipercaya. Seperti proses yang menggunakan sumber daya dan teknologi perusahaan untuk mengolah informasi, mengembangkan nilai tambah produk atau jasa.

pict taken from google.com
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
6 Januari 2013 pukul 00.04 delete

Edun uy, yang PTI'nya ngulang neupi 3 kali.. Ilmu bisnis'nya ngolotok.. Hehehe

Reply
avatar