OSN Pertamina 2012


Pertamina yang merupakan perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi terbesar di Indonesia, kembali mengadakan olimpiade sains nasional (OSN-Pertamina) dalam wujud kepedulian pertamina terhadap pendidikan di Indonesia. Sekaligus dalam HUT pertamina yang ke 55, OSN-Pertamina kembali digelar untuk yang ke-5 kalinya. Semenjak tahun 2008 kompetisi OSN Pertamina ini pertama kali diadakan. OSN-Pertamina yang dipelopori Pertamina ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap pendidikan Indonesia melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR). komitmen pertamina terhadap masyarakat Indonesia menjadi fokus pertamina serta diharapkan mampu mendorong mahasiswa indonesia yang mendalami bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi agar mampu berkompetensi di bidangnya masing-masing, sehingga secara tidak langsung dapat memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Kompetisi semacam OSN-Pertamina ini sangat patut di apresiasi dan ditiru perusahaan lainnya. Mahasiswa di Indonesia harus sering diberikan kesempatan dan kompetisi, agar mempunyai mental yang tangguh dan memiliki jiwa persaingan yang sehat untuk dapat terus mengembangkan kreatifitas kemampuan akademisnya, dan diberikan kesempatan yang dapat memacu kemampuan nya dalam bidang dan kajian studi yang digelutinya. Mahasiswa sebagai pilar pembangun bangsa dimana kaum muda yang intelek diharapkan mampu menjadi penopang kemajuan suatu bangsa.

Dengan banyaknya kompetisi semacam OSN-Pertamina diharapkan mampu memacu semangat para mahasiswa untuk lebih dapat berprestasi di bidang akademik, yang tidak hanya terpacu meningkatkan prestasi akademiknya di lingkungan internal kampus tempat mahasiswa belajar, namun ada pihak eksternal luar kampus yang menawarkan kesempatan berkompetisi bagi para mahasiswa untuk menggali potensi yang ada dalam dirinya. Sudah barang tentu kompetisi semacam ini harus mampu menjangkau seluruh pelosok Indonesia mencari mahasiswa mahasiswa terbaik yang ada di seluruh Indonesia untuk diberikan kesempatan yang sama untuk dapat berkompetisi. Kompetisi semacam ini jangan sampai di pusatkan hanya di kota kota besar. Memang tidak dapat dipungkiri pendidikan di Indonesia tidak merata dari segi fasilitas, sarana dan prasarana penunjang pendidikan, Tetapi tidak menutup kemungkinan mahasiswa dari daerah pun dapat mampu bersaing dalam sebuah kompetisi akademis.

Sekali lagi kompetisi untuk para mahasiswa seperti yang diadakan oleh Pertamina ini layak kita acungi jempol. Program CSR yang dimiliki perusahaan pun secara tidak langsung membawa efek positif terhadap perusahaan itu sendiri baik secara internal dan eksternal perusahaan, selain mengokohkan nama perusahaan di mata sosial masyarakat program seperti ini juga dapat meningkatkan daya saing dan feedback yang bagus bagi perusahaan.  Semoga dengan diadakan banyak kompetisi seperti OSN-Pertamina ini harapan serta tujuan program dapat tercapai. Semoga dapat meningkatkan kualitas para mahasiswa di seluruh indonesia serta menjadi tolok ukur dunia pendidikan di Indonesia.

Previous
Next Post »